BNPB Launching Sarana Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Online

BUSER.ID//Jakarta – Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Inspektorat Utama mengadakan kegiatan Softlaunching Aplikasi Unit Layanan Pengaduan (ULP) yang dihelat di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (13/6). Adapun aplikasi ULP tersebut dapat diakses pada dumas.bnpb.go.id.

BNPB membuat situs tersebut agar masyarakat dapat melaporkan jika menemukan adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai BNPB. Layanan ini dibuat berdasarkan Peraturan BNPB Nomor 6 Tahun 2020 tentang penanganan pengaduan masyarakat khususnya dalam korupsi, kolusi dan nepotisme.

Saeful Alam selaku Inspektur III BNPB dalam arahan saat membuka kegiatan mengatakan, untuk meningkatkan kinerja BNPB maka masyarakat perlu diberikan akses pengaduan terkait kinerja BNPB.

“Unit Layanan Pengaduan Masyarakat dibentuk sebagai wujud komitmen BNPB untuk mencegah adanya kolusi, korupsi dan nepotisme di lingkungan BNPB,” kata Saeful.

Saeful menegaskan bagi siapapun yang menyampaikan aduan melalui ULP, kerahasiaan pelapor dan identitas terjamin aman.

“Semua yang akan disampaikan pada ULP ini akan menjadi rahasia, tidak akan bocor kemana-mana. Jadi diharapkan komitmen kita semua untuk berani mengatakan hal yang benar,” tegasnya.

“Masyarakat pun tidak perlu takut untuk melaporkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan terkait kinerja BNPB,” pungkas Saeful.

Sementara itu Taufik selaku Fungsional  Penelaah Pengaduan Masyarakat dari Direktorat Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi menyampaikan, BNPB mendapatkan survey penilaian integritas pada level tinggi di komponen pencegahan korupsi untuk tahun 2022 yang lalu.

“Hasil survei menyatakan bahwa sudah terdapat kampanye terkait pencegahan korupsi, adanya media pengaduan/pelaporan korupsi dan tindak lanjut terhadap laporan korupsi berada  pada level tinggi,” ungkap Taufik.

Pada situs dumas.bnpb.go.id masyarakat dapat menyampaikan permohonan informasi, pengaduan, berkonsultasi, serta memberikan saran dan masukan dengan nyaman dan transparan serta memperoleh kepastian mendapatkan tanggapan yang baik dan professional.

Ket. Foto:
Foto : Inspektorat Utama BNPB mengadakan kegiatan Softlaunching Aplikasi Unit Layanan Pengaduan (ULP) yang dihelat di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (13/6). (Inspektorat III / Andi Rahmat)

Sumber: bnpb.go.id

Pos terkait