Ini Dahyatnya Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan

buser.id

Temulawak merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Di Negara ini, temulawak biasanya dikonsumsi dalam bentuk kering atau bubuk dan jamu atau teh herbal. Tanaman ini juga banyak diproduksi dalam bentuk suplemen.

Seperti dilansir dari laman dari berbagai sumber, Kamis (14/9/23), berikut lima manfaat temulawak untuk kesehatan, berikut penjelasannya:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, pencernaan yang terganggu, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan temulawak.

Penelitian menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan berupa penyakit kolitis ulserativa akan membaik dengan mengonsumsi suplemen temulawak secara rutin.

2. Memperkuat Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat utama temulawak adalah memperkuat daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membuat Anda jarang sakit.

3. Mengobati Kanker

Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk usus besar, payudara, dan prostat. Penelitian juga menunjukkan bahwa temulawak bisa mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

Ramuan ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang membantu pertumbuhan kanker. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya, yang melindungi sel dari kerusakan.

4. Mengobati Gangguan Fungsi Liver

Kurkuminoid mempunyai khasiat mengobati gangguan kesehatan hati dan mencegah sel-sel hati berlemak.

Beberapa penelitian ilmiah dan uji klinis telah dilakukan, dan hasilnya secara umum mendukung penggunaan temulawak sebagai obat tradisional yang dapat digunakan untuk penyakit liver dan pegal linu.

5. Cegah Tumor

Temulawak juga memiliki manfaat mencegah kerja enzim atau komponen lain penyebab tumbuhnya sel tumor. Maka penggunaan Kunyit Jawa secara rutin pada penderita tumor merupakan langkah yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan