Lapas I Madiun Hadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

MADIUN, BUSERJATIM.COM GROUP – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menghadiri kegiatan apel siaga pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Madiun, Sabtu (10/2).

Apel yang digelar di halaman Gor Wilis Kota Madiun tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kota Madiun Wahyu Sesar Tri Sulistyo Nugroho.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diikuti oleh Kasie Registrasi Lapas I Madiun, Ariya juni pratama beserta 4 Pegawai yang bertugas PTPS di TPS Lokasi Khusus Lapas Kelas 1 Madiun.

Turut hadir dalam apel tersebut Walikota Madiun, DR.Drs. H. Maidi SH., MM., M.Pd., Danrem 081 DSJ Madiun, Kapolres Madiun Kota, Dandenpom V/1 Madiun, Ketua dan Komisioner KPU Kota Madiun, Kepala OPD, Kepala BUMD, Camat Se-Kota Madiun, Ketua dan Anggota PPK se-Kota Madiun, Ketua dan Anggota Panwascam se-Kota Madiun.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kota Madiun Wahyu Sesar Tri Sulistyo Nugroho, mengatakan “Kegiatan Apel Gabungan ini adalah apel akbar dalam rangka siaga pengawasan Pemilu Tahun 2024. Menjalin soliditas dan sinergitas antar Instansi guna harkamtibmas jelang tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu tahun 2024 merupakan komitmen bersama dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban menjelang pemilu 2024 di Wilayah Kota Madiun.

Ditahun yang sama kita semua juga akan melaksanakan pengamanan pilkada serentak baik pilgub maupun pilbup/pilwali dimana kerawanan akan lebih tinggi hal ini dikarenakan kedekatan emosional para kandidat dengan massa pendukungnya terutama pada daerah dengan ikatan kesukuan tinggi, sangat rentan mengakibatkan gesekan massa yang dapat berkembang menjadi konflik sosial horizontal berimplikasI kontinjensi.

Didalam tempat pemungutan suara merupakan tuntutan reformasi di Indonesia yang diharapkan dapat membawa perbaikan di negeri ini pemilihan umum yang diselenggarakan secara langsung merupakan suatu bentuk komitmen Indonesia dalam menunaikan konstitusi sebagaimana yang diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Kepada petugas pengawas Pemilu, pengawas Pemilu Kecamatan, pengawas Pemilu kelurahan hingga pengawas Pemilu tempat pemungutan suara tugas TPS, ini adalah tugas dan tanggung jawab yang sangat-sangat luar biasa dimana puncaknya pada hari Rabu 14 Februari 2024 yaitu melakukan pengawasan persiapan pemungutan suara melakukan pengawasan pelaksanaan pemungutan suara hingga pengawasan sampai tahap perhitungan suara,”.

Kalapas I Madiun, Kadek Anton Budiharta Menyatakan bahwa “Lapas I Madiun siap untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam menjalankan pengawasan di wilayahnya, terutama di Lapas I Madiun. Kami akan melakukan koordinasi dan kerjasama yang erat dengan Bawaslu guna memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu di Lapas I Madiun,” Ujarnya.

“Dengan keterlibatan Lapas I Madiun dalam apel siaga pengawasan Pemilu 2024, terlihat adanya komitmen bersama antara lembaga pemasyarakatan dan lembaga pengawas Pemilu untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Madiun menjelang dan saat pelaksanaan pemilihan. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjalankan tugas pengawasan dan pengamanan Pemilu dan juga menunjukkan pentingnya sinergi antarinstansi dalam menjaga keberlangsungan demokrasi dan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk lembaga pemasyarakatan, dalam upaya menjaga integritas dan keamanan proses Pemilu,” Tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan